BAYAM

BAYAM

Makanlah bayam supaya menjadi kuat, kata Popeye si pelaut, tentu udah nggak asing dengan kalimat tersebut, bayam memang mempunyai banyak manfaat dan sangat mudah di Indonesia.
Bayam mempunyai protein nabati yang sangat tinggi, karbohidrat, lemak, vitamin, kalsium fosfor, dan zat besi.
Bayam bisa mengurangi risiko terkena penyakit Age related degeneration (AMD).Ini dikarenakan bayam mengandung dua pigmen lutein dan zeaxanthin. Yang berperan melindungi mata dari kerusakan radikal bebas.
Bayam duri (Amaranthus spinosus) menurut literature, mampu mengobati asma dan eksim, bayam ini mengandung amarantin lutein, kalsium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, C, dan, K, dengan cara dengan merebus lima batang bayam duri muda beserta daun dan bunganya dengan lima gelas air selama 7 -10 menit, diminum 3x sehari
Untuk menyembuhkan eksim, balutlah yang terkena eksim dengan kain yang telah direndam air panas hasil rebusan bayam. Pengompresan dilakukan selama dua puluh hingga tiga puluh menit sehari sekali.
Air sari bayam yang dicampur dengan madu berkhasiat mengobati bronchitis, anemia, dan demam. Sementara bayam muda yang dimasak dan airnya dicampur dengan madu bisa mengobati keputihan pada wanita, gangguan lever dan gangguan saluran pencernaan seperti sembelit dan kukak lambung.
Bayam bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit kepala dan rambut serta muka, oleskan campuran sari air bayam dan kunyit, bisa juga dibuat jus bayam lalu oleskan dengan kapas ke wajah dengan gerakan berputar, jus bayam juga bisa mengencangkan dan menghilangkan keriput wajah.
Bagi yang menderita asam urat dan reumatik jangan makan bayam karena bayam mengandung zat purin yang tinggi dan bisa menyebabkan rasa ngilu pada sendi, purin inilah yang berubah menjadi asam urat dalam tubuh.

3 April 2010 (dinchtdarklighter.blogspot.com)



No Response to "BAYAM"

Leave a Reply

 
powered by Blogger | For Blogservices