PLANET MIRIP BUMI

PLANET MIRIP BUMI

Sebuah planet ditemukan dengan jarak 1.500 tahun cahaya dari bumi. Dan sangat mirip dengan bumi.Planet ini memiliki ukuran yang sama dengan yupiter dan sedang mengorbit dalam jarak bintang jauh di galaksi Bima sakti setiap 95 hari,planet ini diberi nama corot 9b.
Salah seorang ilmuan dari Institut Astrofisika Dr Hans Deeg mengatakan,”Corot 9b adalah eksoplanet pertama yang sangat menyerupai planet bumi di sistim tata surya”.Planet ini berhasil terdeteksi dengan menggunakan teleskop ruang angkasa CoRoT oleh agency ruang angkasa Perancis,CNES.
Corot 9b teridentifikasi dengan menggunakan metode transit.Planet mengambil waktu delapan jam untuk melintasi di hadapan bintangnya, yang menyediakan banyak informasi kepada para astronom.
Dengan menggantungkan Terhadap awan reflektif yang hadir di atmosfer, temperatur permukaannya diantara minus 20 derajat sampai 160 derajat Celcius.
Dr Didier Queloz dari universitas Genawa di Swiss dan penulis pendamping riset yang diterbitkan dalam jurnal NATURE mengatakan “analisis mereka menyediakan lebih banyak informasi tentang Corot 9b dari pada eksoplanet lainnya yang memiliki tipe yang sama”.
Dr Claire moutou dari Laboratorium Astro fisika Marseille Prancis,menambahkan “penemuan itu akan menjadi pengikat Rossetta Stone bagi riset eksoplanet”.
(28 Maret 2010)
Dinchtdarklighter.blogspot.com



No Response to "PLANET MIRIP BUMI"

Leave a Reply

 
powered by Blogger | For Blogservices